Antisipasi Bencana Longsor dan Pohon Tumbang, Polsek Menes Lakukan 3K Dengan Muspika

Pandeglang – Antisipasi terjadinya bencana akibat cuaca ekstrem, Kapolsek Menes Polres Pandeglang Polda Banten Kompol Yusup melakukan koordinasi dengan Muspika Kecamatan Menes. (21/03/2022).

Kapolsek Menes Kompol Yusup mengungkapkan bahwa dalam beberapa hari terakhir ini, kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang dilanda hujan deras disertai angin kencang. Akibatnya terjadi beberapa bencana alam seperti pohon tumbang dan tanah longsor.

“Saya minta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan karena saat ini cuaca ektrem di mana hujan turun deras disertai angin,” ujar Yusup.

Menurutnya, potensi yang perlu diwaspadai di antaranya pohon tumbang, rumah ambruk, pergeseran tanah, dan longsor.

“Masyarakat harus mendeteksi pohon-pohon yang dikhawatirkan tumbang apabila hujan dan angin kencang. Warga bisa minta bantuan ke BPBD atau Dinas terkait untuk pemotongannya,” ucapnya.

Ia menuturkan, bencana alam lainnya yang perlu diwaspadai yakni genangan air atau banjir. Masyarakat diharapkan bekerja sama dengan pemerintah untuk melakukan pencegahan, salah satunya dengan gotong royong membersihkan sampah yang bisa menyumbat saluran air.

Yusup juga berkondinasi dengan pihak muspika terkait pembuatan Posko Penanggulangan Bencana serta kesiapan dapur umum apabila diperlukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.