Bhabinkamtibmas Terus Cek Kesehatan Hewan Ternak Warga

Polsek Cadasari – Maraknya penyakit PMK yang beredar Bhabinkamtibmas Polsek Cadasari Aipda Irwan Kunandeu melaksanakan pengecekan kepada hewan ternak milik warganya.

Kegiatan tersebut bertempat di komp. Ambeluit kel. Cigadung kec. Karangtanjung Kabupaten Pandeglang, Sabtu (23/07/2022).

Bhabinkamtibmas Polsek Cadasari Aipda Irwan Kunandeu mengatakan pihaknya terus melaksanakan penyuluhan kepada pemilik ternak sehubungan dengan penyakit mulut dan kuku (PMK).

Disampaikan kepada peternak bila menjumpai hewan peliharaannya ada penyakit PMK dengan ciri -ciri antara lain suhu tinggi (di pegang pangkal telinga ), lender di mulut, lepuh di hidung, lidah menjulur, nafsu makan berkurang, kaki pincang, luka pada kaki yang berbatasan dengan kuku, luka pada celah kuku, kuku bisa lepas, dan nafas cepat untuk segera melaporkannya.

“Ini dilakukan dalam rangka mencegah wabah PMK pada hewan ternak berkaki empat yang saat ini sedang merambah,” ucapnya.

Dia mengimbau kepada peternak untuk selalu menjaga kebersihan tempat kandang ternak.

Di tempat terpisah, Kapolres Pandeglang AKBP Belny Warlansyah melalui Kapolsek Cadasari AKP Lutfi Tamimi Napitupulu menambahkan, pihaknya menghimbau bila pemilik kandang mendapati hewan ternaknya mengalami kejanggalan atau tanda-tanda mempunyai penyakit agar segera melaporkan ke dinas peternakan dan dokter hewan terdekat.

“Bila ada tanda-tanda awal penyakit atau gejala segera melapor ke pihak dokter hewan terdekat dan Dinas Peternakan. Jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan,” kata Kapolsek Cadasari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.