Jumlah Personel  Polda Banten Tahun 2021 Masih Jauh Dari Ideal

Polres Pandeglang, Serang – Polda Banten menggelar press release akhir tahun 2021 dibidang Sumber Daya Manusia (SDM) pada di Aula Serbaguna Polda Banten Pada Jumat (31/12),

Karosdm Polda Banten Kombes Pol Arif Fajarudin yang menjelaskan kekuatan personel Polda Banten tahun 2021. “Berdasarkan data jumlah personel Polda Banten tahun 2021 yang terdiri dari 7.308 hal ini mengalami peningkatan sebesar 1,44% jika dibandingkan pada tahun 2020 yaitu sebanyak 7204 personel. Dari jumlah personel  sebanyak 7.308 ditahun 2021 diantaranya 6746  adalah Polisi laki-laki dan 430 personel Polisi Wanita dan sisanya sebanyak 132 personel adalah PNS,” kata Arif Fajarudin.

Arief Fajarudin menjelaskan,” Jumlah personel pada tahun 2021 belum memenuhi Daftar Susunan Personel (DSP) sesuai Perkap nomor 23 tahun 2010 untuk Polda type A yaitu sebanyak 14.545 personel, hal ini jauh dari ideal karena jumlah personel yang seharusnya baru terpenuhi 50,24%,” ujar  Arief Fajarudin. 

Untuk memotivasi personel dalam meningkatkan kinerjanya Polda Banten sepanjang tahun 2021 telah memberikan beragam penghargaan kepada personel yang berprestasi yaitu 149 personel diberikan penghargaan berupa, Penghargaan Kapolda maupun pendidikan,” ujar Arief Fajarudin.

Arief Fajarudin menyatakan,” Walaupun personel Polda Banten masih kurang tetapi karena tuntutan tugas Polda Banten tetap menyalurkan personel yang bertugas diluar struktur sebanyak 32 personel dan mengirimkan personel dalam penugasan lainnya seperti satuan tugas Bhayangkara dalam pasukan perdamaian PBB sebanyak 32 personel.

“Pada tahun 2021 Polda Banten melaksanakan rekrutmen personel Polri untuk Bintara sebanyak 395 personel dan untuk Tamtama sebanyak 43 personel. Dalam rangka peningkatan SDM Polda Banten mengikutkan personel untuk pendidikan pengembangan  sebanyak 103 personel yaitu untuk alih golongan sebanyak 52 personel, Sekolah Inspektur Polisi sebanyak 30 personel,” Tambah Arif Fajarudin.

“Dengan adanya kekurangan personel  tersebut Polda Banten berupaya meningkatkan kuantitas maupun kualitas personel sehingga dapat diberdayakan seoptimal mungkin, adapun upaya peningakatan kuantitas dengan melakukan rekrutmen Pro Aktif Penerimaan Bintara Polri yang bersumber dari masyarakat yang berprestasi baik dibidang olah raga,  agama maupun seni budaya berdasarkan kearifan lokal,” tutup Arif Fajarudin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.