KAPOLSEK BANJAR HADIRI GIAT SOSIALISASI PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK (PSN)

Banjar, Kapolsek Banjar Polres Pandeglang Polda Banten Akp Satir menghadiri Giat Sosialisasi Pemberantasan Sarang Nyamuk ( PSN ) di wilayah Desa Kadujangkung Kec. Mekarjaya kab. Pandeglang pada hari kamis ( 12/5/2022 ).

Sebagai nara sumber dalam kegiatan tersebut petugas dari Puskesmas Mekarjaya yang sekaligus berperan sebagai bidan desa Ibu Euis dengan materi bagaimana cara pemberantasan sarang nyamuk yang efektif dengan biaya murah yakni dengan program 1R 1J ( satu Rumah satu jumantik ) yang artinya dalam satu rumah harus ada satu orang yang menjadi juru pemantau jentik dan program Empat M Plus artinya menutup tempat penampungan air, menguras tempat penampungan air secara rutin minimal seminggu sekali, mengubur tempat penampungan air yang tidak terpakai, dan memantau jentik nyamuk seminggu sekali.

Plus disini artinya menghindari gigitan nyamuk menggunakan repelen anti nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, melakukan larvasidasi, dan menggunakan kelambu.

Dalam sambutannya Kapolsek Banjar Akp Satir menyampaikan bahwa PSN perlu ditingkatkan terutama pada musim penghujan dan pancaroba, karena meningkatnya curah hujan dapat meningkatkan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD, sehingga seringkali menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) terutama pada saat musim penghujan.

“Dalam mengatasi DBD tidak cukup dengan dilakukan fogging (pengasapan). Namun yang harus dilakukan adalah membiasakan pola hidup sehat dengan rutin membersihkan area rumah dan permukimannya, terutama saat musim penghujan,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.