Pastikan Kondisi Pangan Jelang Nataru Aman, Ditreskrimsus Polda Banten Rapat Koordinasi Dengan Instansi Terkait

Polres Pandeglang, Serang – Pastikan kondisi pangan jelang akhir tahun 2021 dan awal tahun 2021 Dirreskrimsus Rapat Koordinasi Satgas Pangan Nasional (Rakornas) dengan Stakeholder atau instansi terkait Pemprov Banten, Disperindag dan Bulog di aula Ditreskrimsus Polda Banten pada Selasa (30/11).

Dirreskrimsus Polda Banten Kombes Pol Dedi Supriyadi menyampaikan bahwa senantiasa terjadi lonjakan harga saat hari raya natal dan tahun baru, polemik mengenai ketersediaan bahan pangan jelang saat hari raya natal dan tahun baru selalu muncul ke permukaan.
“Terdapat potensi terjadinya kenaikan permintaan bahan pangan berpengaruh terhadap kenaikan harga, kelangkaan stock bahan pangan dibeberapa kabupaten dan kota yang diakibatkan adanya kenaikan permintaan masyarakat, oleh sebab itu kami melakukan rapat dengan instansi terkait membahas mengenai kemananan kondisi pangan,”kata Dedi Supriyadi.

Selanjutnya Dedi Supriyadi mengatakan Covid-19 yang hingga saat ini belum sepenuhnya terkendali, masih terus berpotensi menekan pertumbuhan ekonomi dan mengganggu distribusi importasi dari luar negeri maupun distribusi bahan pangan dalam negeri. “Ada faktor yang membuat harga tidak stabil selain Covid-19 kelangkaan bahan dan kenaikan bahan pokok disebabkan juga faktor iklim dan cuaca saat ini (Musim Hujan) yang dapat
mengakibatkan gagal panen,”ujar dirreskrimsus Polda Banten.

Untuk mengantisipasi Dirreskrimsus Polda Banten sekaligus Kasatgasda Pangan melakukan upaya-upaya antisipasi. “Kami melakukan upaya antisipasi berupa Koordinasi yang melibatkan Pemerintah Daerah ataupun Pelaku Usaha barang kebutuhan pokok, Penatalaksanaan yang dapat dilakukan melalui rapat koordinasi dengan Pemerintah Daerah, Instansi terkait dan pelaku usaha dalam rangka antisipasi kecukupan stock/pasokan dan stabilitas harga kebutuhan pokok, melaksanakan pemantauan dan pengawasan terkait stock atau pasokan dan harga barang kebutuhan pokok dilakukan pasar rakyat dan ritek modern serta gudang Bulog dan Distributor serta berkoordinasi dengan Dinas Provinsi Kabupaten dan Kota.”ujar Dedi Supriyadi.

Terakhir Dedi Supriyadi mengatakan satgas pangan Polda Banten melakukan upaya khusus berupa Pengecekan ke pasar rakyat dan pendataan stock pada distributor produsen bahan pangan
menjelang hari natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dalam rangka mengawal kelancaran jalur distribusi. “Pengecekan ini dimaksudkan untuk menjaga stabilitas Bahan Pokok Daerah Banten menjelang hari natal 2021 dan Tahun Baru 2022,” tutup Dedi Supriyadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.