Tetap Optimal, Polda Banten Pastikan Saat Ini Arus Lalin Exit Merak Lancar

Cilegon- Polda Banten berhasil mengurai kemacetan yang terjadi di dalam Tol Merak menuju Pelabuhan Merak pada Kamis (28/04) pukul 10.45 WIB.

Kemacetan yang terjadi sejak pukul 02.00 WIB dini hari yang mengakibatkan kepadatan kendaraan sejak pintu Tol Merak hingga KM 94.600 sehingga pola pengaturan lalu lintas masuk dalam situasi merah maka rekayasa lalu lintas tidak hanya dilakukan dengan buka tutup kendaraan di Cikuasa Atas namun juga dengan pengalihan kendaraan untuk exit di pintu Tol Cilegon Barat dan Cilegon Timur, dengan memberdayakan fungsi jalan arteri.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga mengatakan Polda Banten bekerja secara maksimal untuk melayani pemudik. “Untuk mengatasi kemacetan yang terjadi Wakapolda Banten beserta seluruh Pejabat Utama Polda Banten turun langsung ke lapangan untuk melakukan pengaturan arus lalu lintas guna mengurai kemacetan,” ucap Kabid Humas.

Kabid humas menjelaskan bahwa kemacetan dikarenakan akibat padatnya volume kendaraan yang akan memasuki Pelabuhan Merak. “Kondisi derasnya arus lalin dari Jakarta tidak sebanding dengan aktivitas kapal yang melayani penyeberangan, tercatat sesuai data pada Rabu (26/04) pukul 08.00 WIB hingga Kamis (27/04) pukul 08.00 wib hanya 34 kapal yang beroperasi dengan 110 trip, mengangkut 83.424 penumpang naik 28.462 orang, motor sebanyak 5.489 naik 2.702, mobil sebanyak 11.400 naik 4.320, bus sebanyak 531 naik 133 dan truk sebanyak 2.548  berkurang 373. Sehingga total kendaraan 19.958 unit naik 6.782,” jelas Shinto.

Untuk mengurai kepadatan arus mudik, Polda Banten mulai hari ini menerjunkan personelnya untuk melakukan penebalan.
“Sebanyak 75 personel Ditsamapta Polda Banten dan 80 Personel Satbrimob Polda Banten diterjunkan untuk mengatur arus lalu lintas sepanjang jalur Cikuasa Atas dan Simpang Gerem sampai dengan pintu masuk Pelabuhan Merak,” ujar Kabid Humas.

Tak lupa, Shinto menghimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik untuk tetap waspada dan berhati-hati. “Cek kondisi kesehatan dan kendaraan, pastikan dalam kondisi yang prima untuk melakukan perjalanan jarak jauh serta antisipasi titik rawan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas,” ungkapnya.

Terakhir Shinto mengatakan apabila pengemudi mendapatkan hambatan saat mudik dapat menghubungi Call Center 110 atau update informasi arus mudik terkini di media sosial Humas Polda Banten. Instagram : humaspoldabanten, Facebook : Polda Banten, Twitter : @_poldabanten, Tiktok : poldabanten, Youtube : Polda Banten. (Polres Pandeglang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.