Tingkatkan Kompetensi Bintara Remaja, Ditsamapta Polda Banten Latih Kemampuan Pengendalian Massa

Polres Pandeglang, Serang – Dalam rangka peningkatan kemampuan personel dalam penanganan massa, Ditsamapta Polda Banten latih Bintara Remaja (Baja) angkatan 45 kemampuan pengendalian massa (Dalmas) bertempat di lapangan apel Ditsamapta Polda Banten pada Rabu (01/12) lalu.

Kegiatan latihan Dalmas dilakukan setelah apel pagi untuk menambah kemampuan bagi personel dipimpin Danki Kompi B Dalmas Ipda Hari Subagyo. Sebagai anggota Ditsamapta khususnya pasukan Dalmas kemampuan pengendalian massa sangatlah penting karena merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh personel Ditsamapta guna menjaga ketertiban masyarakat dalam setiap kegiatan pengamanan unjuk rasa.

Selanjutnya Dirsamapta Polda Banten Kombes Pol Noerwiyanto mengatakan bahwa ‚ÄúLatihan Dalmas Bintara remaja ini dimaksudkan untuk mengasah kemampuan fisik dan kesiapsiagaan personel dalam menanggulangi aksi unjuk rasa sewaktu waktu mereka dibutuhkan,” kata Noerwiyanto.

“Selain itu latihan Dalmas ini dilakukan dengan mengingat kembali gerakan maupun formasi Dalmas dalam persiapan pengamanan massa yang sudah mereka pelajari di SPN (Sekolah Polisi Negara) Polda Banten, sehingga mereka dapat mengimplementasikannya sewaktu-waktu terjadi aksi unjuk rasa di wilayah hukum Polda Banten,” tambah Dirsamapta Polda banten.

Selanjutnya Dirsamapta menambahkan tentang prosedur penanganan massa. “Yang menjadi payung hukum dalan pengendalian massa adalah Peraturan Kapolri Nomor 16 Tahun 2006 tentang Pengendalian Massa, Peraturan Kapolri Nomor 08 Tahun 2010 tentang Lintas Ganti dan Peraturan Kapolri Nomor 01 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan Dalam Tindakan Kepolisian serta mempedomani prinsip-prinsip dalam penanganan massa yaitu legalitas, proporsional, prosedural dan nesesitas sehingga ada keseimbangan dalam penggunaan kekuatan dengan ancaman yang akan dihadapi,” jelas Dirsamapta.

Saat ditemui Ipda Hari Subagyo menyatakan bahwa latihan ini bertujuan agar personel memahami prosedur dalam bertindak. “Tujuan dari latihan ini tidak lain agar seluruh personel memahami prosedur dalam bertindak, sehingga tidak terjadi kesalahan-kesalahan dalam pelaksanaan tugas dilapangan terutama Bintara remaja yang baru masuk Ditsamapta Polda Banten,” tutup Hari Subagyo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.