Uji Kemampuan Personel, Polres Pandeglang Lakukan Pelatihan Raimas

Polres Pandeglang – Kepolisian Resor (Polres) Pandeglang, Polda Banten melaksanakan pelatihan pengurai massa (raimas) guna meningkatkan kemampuan dan fungsi Sabhara, terutama pengamanan dan antisipasi perkelahian antar massa yang dilaksanakan di halaman Polres Pandeglang, Jumat (29/07/2022).

Pelaksanaan kegiatan raimas dipimpin langsung oleh Kabagops Polres Pandeglang Kompol Yogie Roozandi, didampingi Kasat Samapta, IPTU Darwin, diikuti personil yang terlibat dalam Sprin.

“Latihan ini dilaksanakan sebagai rutinitas personel Polres Pandeglang, agar kemampuan personel terus meningkat dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi perkelahian antar massa dilapangan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” Ungkap Kabag Ops Polres Pandeglang Kompol Yogie.

Pelatihan Pengurai Massa dilaksanakan oleh personil Samapta Polres Pandeglang, serta personel Polres Pandeglang. Materi kegiatan dibimbing langsung oleh AKP Tulus Prayoga.

“Materi yang dibawakan pada pelaksanaan ini berupa pengenalan pakaian PHH, strategi penggunaan senjata laras licin, strategi dan formasi pengendalian massa,” Jelasnya.

Kabag Ops Polres Pandeglang, Kompol Yogie Roozandi, menegaskan bahwa Ini adalah kegiatan persiapan apabila ke depan terjadi unjuk rasa yang eskalasinya dapat saja meningkat menjadi anarkis.

“Kami sebagai anggota Polri telah siap dengan segala kemungkinan, untuk itu saya tekankan kepada rekan rekan Personil Polres Pandeglang untuk serius dalam melaksanakan pelatihan Materi ini,” Harapnya.

Diketahui, berdasarkan Peraturan Badan Pemelihara Keamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2012 tentang Pleton Pengurai Massa. Peleton Pengurai Massa yang selanjutnya disingkat Tonraimas adalah Peleton Sabhara yang bertugas mengurai, membubarkan, menceraiberaikan dan melokalisir massa yang melakukan tidakan anarki sehingga dapat mengganggu kamtibmas.

“Pleton Raimas ini berfungsi sebagai kekuatan penindak tahap awal dan berperan sebagai stabilisator anarkhis dalam setiap kegiatan yang yang mangurai massa bergerak secara anarkis,” Pungkasnya.

Diketahui, pelatihan Raimas Polres Pandeglang dimulai pada Pukul 08.30 Wib dan berakhir pada Pukul 10.00 Wib, berlangsung aman dan terkendali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.