Wakapolres Pandeglang Ikuti Acara “Moderasi Beragama bagi Pegawai Negeri pada Polri Polda Banten tahun 2022”

Polres Pandeglang – Wakapolres Pandeglang Kompol Andi Suwandi didampingi Kabag SDM Kompol Abul Mafahir mengikuti kegiatan Moderasi Beragama Pembinaan Rohani bagi Pegawai Negeri Pada Polri Polda Banten tahun 2022 secara virtual, Rabu (27/07/2022).

“Perlunya bermoderasi agama karena moderasi beragama ini sebagai perekat dan pemersatu bangsa,” ucap Wakapolres Pandeglang kepada peserta sebelum acara dimulai.

Acara Moderasi Beragama Pembinaan Rohani bagi Pegawai Negeri Pada Polri Polda Banten tahun 2022 secara virtual dibuka langsung oleh Wakapolda Banten Brigjen Pol Drs. Erry Nursatari.

Moderasi merupakan sikap selalu menghindarkan perilaku atau pengungkapan yang ekstrem, dan kecenderungan ke arah jalan tengah.
“Ini menunjuk kepada sikap dan upaya menjadikan agama sebagai dasar dan prinsip untuk selalu menghindarkan perilaku atau pengungkapan yang ekstrem dan selalu mencari jalan tengah yang menyatukan dan membersamakan semua elemen dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara dan berbangsa indonesia,” jelas Wakapolda.

Menurutnya, moderasi beragama merupakan usaha kreatif untuk mengembangkan suatu sikap keberagaman ditengah berbagai desakan ketegangan, penolakan yang arogan atas ajaran agama, juga antara radikalisme dan sekularisme. Komitmen utama moderasi beragama terhadap toleransi menjadikannya sebagai cara terbaik untuk menghadapi radikalisme agama yang mengancam kehidupan beragama itu sendiri dan pada gilirannya mengibasi kehidupan persatuan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Kegiatan pembinaan rohani moderasi beragama yang kita lakukan di Polda Banten dan jajaran meliputi semua pemeluk agama yang ada, ini merupakan terobosan kreatif demi meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga diharapkan personel dalam bertugas selalu menjunjung tinggi nilai-nilai ketuhanan dan kemanusian, saling toleransi dalam perbedaan keyakinan namun tetap satu tujuan memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat bangsa dan negara melalui institusi Polri,” ungkap Wakapolda Banten.

Lanjutnya, sehingga Polri akan lebih dicintai dan dipercaya masyarakat bangsa dan negara dalam mewujudkan SDM Polri yang unggul.

Wakapolda berharap dengan pelaksanaan moderasi beragama ini semoga bermanfaat dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat dan selaku insan Bhayangkara yang beriman, bertaqwa serta insya allah kita akan selamat di dunia dan akhirat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.